Laman

Sabtu, 13 November 2010

Proyek Buran-Energia
Proyek Buran-Energia diciptakan pada awal tujuh puluhan untuk melawan pesawat Amerika. Memang, pesawat luar angkasa amerika dilihat oleh para pemimpin Soviet sebagai aset militer yang tangguh, sehingga mereka memutuskan untuk membuat satu. Program ini merupakan proyek yang paling ambisius dalam sejarah penaklukan ruang angkasa Soviet. Selama 18 tahun, lebih dari 1 juta orang di 1286 perusahaan dan 86 kementerian dan departemen langsung bekerja pada proyek Buran-Energia. Pusat-pusat ilmiah dan industri terbesar negara mengambil bagian di dalamnya.
Meskipun sangat mirip dengan penampilan dengan pesawat Amerika, hukum fisika belaku untuk semua orang, pesawat ulang-alik Buran ("Буран" dalam bahasa Rusia berarti "badai salju") seluruhnya didesain oleh Uni Soviet, dari mekanik dan elektronik. Dengan demikian, banyak perbedaan yang terpisah ini 2 orbitors, berikut adalah beberapa perbedaannya: pesawat Buran memiliki kapasitas yang lebih tinggi membawa orbital dan deorbital, 2 bagian mesin di bagian belakang memungkinkan untuk terbang selama masuk kembali di atmosfer, dilengkapi dengan perisai panas yang lebih kuat, namun perbedaan utama adalah bahwa Buran bisa terbang dalam mode otomatis tanpa pilot, dari lepas landas dari roket untuk mendarat di landasan.
Energia roket peluncur di landasan peluncuran

peluncur The Energia ("Энергия" dalam bahasa Rusia berarti "Energi") yang pembangunannya dimulai bersamaan dengan proyek Buran yang tidak direncanakan hanya untuk itu. Ini direncanakan untuk digunakan, dengan shuttle, atau dengan beban lain, ditempatkan di sisi (seperti Polious) atau di kerucut hidung. Modularitasnya dimungkinkan oleh penambahan roket booster tambahan 4-8 seluruh roket, dan oleh propelan cair lebih kuat dan ekologi (oksigen dan hidrogen) bukan N2O4/UDMH seperti yang digunakan pada peluncur Proton. Dalam konfigurasi maksimum (8 roket booster), muatan yang dapat dimasukkan ke orbit bisa mencapai 200 ton.

Keterangan:1- nasal shield, 2-nasal part of the fuselage, machines, 3-block of gas engines, 4-hermetic cabin, 5-wing, 6-leading edge of carbon, 7-elevons, 8-protection of the elevons, 9-central part of the fuselage, 10-drift, 11-rudder, 12-tail of the fuselage, 13-balancer shield, 14-doors of the payload bay with heat exchanger, 15-trap door of the landing gear, 16-landing gear, 17-trap door of the front landing gear, 18-front landing gear, 19-entry trap door


Keterangan:
1-Heat exchanger of the nozzle; 2-Regenerative of the top nozzle; 3-Turbo-pump; 4-Entrance gas pipe; 5-Combustion chamber; 6-Mount; 7-Rudder actuator; 8-Gas turbine; 9-Protective shield; 10-Plug of the drainage pipe.

Pesawat Luar Angkasa Buran dibangun sesuai dengan skema pesawat: pesawat ini memiliki sayap delta dengan sudut tepi variabel terkemuka dan diakhiri dengan elevons (perangkat ditempatkan pada trailing edge dari sayap delta menggabungkan aksi lift dan ailerons), kemudi terbagi menjadi 2 bagian dan juga fungsi rem udara.


1 komentar: